Dampak yang Bisa Terjadi Saat Mengemudi Mobil Tanpa Alas Kaki

Mobil Tanpa Alas Kaki
Mobil Tanpa Alas Kaki
Setiap orang tentu memiliki cara berkendara yang berbeda-beda, selama cara tersebut masih dalam aturan yang ada tentu tidak menjadi masalah. Tetapi jika caranya sudah melanggar aturan maka tidak bisa dibiarkan dan kebiasaan buruk harus segera dihentikan. Salah satu yang sering terjadi dalam mengemudikan mobil adalah pengemudi tidak menggunakan alas kaki. Memang bisa memberikan kenyamanan karena bagian telapak kaki akan bersentuhan langsung dengan pedal gas, kopling, dan juga rem jika menggunakan mobil manual. Tetapi hal ini tentunya melanggar aturan sehingga bisa membahayakan pengemudi. Berikut ini akan dijelaskan beberapa dampak yang bisa terjadi ketika mengemudikan kendaraan roda empat tanpa menggunakan alas kaki.

Risiko cidera lebih besar saat kecelakaan

Tanpa adanya alas kaki tentunya tidak ada yang melindungi bagian kaki sehingga bisa dikatakan bahwa risiko cidera akan lebih besar saat kecelakaan. Ada kemungkinan kaki akan berbentur cukup keras dengan pedal maupun as setir saat adanya benturan. Belum jika kecelakaan masuk dalam kategori parah yang membuat kaca mobil jadi pecah dan bisa saja mengenai bagian kaki yang tidak menggunakan pelindung apapun.

Kaki cepat lelah dan juga kesemutan

Jika terlalu lama menginjak pedal gas atau rem tanpa alas kaki maka bisa membuat kaki cepat lelah dan juga bisa menimbulka kesemutan. Apalagi tekanan dan juga gaya pegas pedal berlangsung tidak beraturan sehingga membuat kaki merasakan pegal dan kesemutan. Hal ini bisa membahayakan orang-orang di dalam mobil karena konsentrasi dan fokus pengemudi jadi berkurang.

Kaki mudah berkeringat

Dalam kondisi perjalanan yang menghabiskan waktu berjam-jam tanpa menggunakan alas kaki, tentunya akan membuat kaki jadi mudah berkeringat sehingga terjadi licin saat menginjak pedal. Kondisi ini juga termasuk dalam kategori yang berbahaya karena bisa saja terjadi slip saat menginjak pedal rem.

Muncul kapalan di kaki

Tanpa menggunakan alas kaki, maka akan terjadi gesekan yang cukup sering antara telapak kaki dengan pedal sehingga terjadi penebalan kulit kering dan banyak yang menyebutnya dengan kapalan. Tentunya jika masalah ini terjadi akan membuat pengemudi tidak nyaman karena permukaan kaki tidak rata saat menginjak pedal.

Menjadi cepat panas

Saat telapak kaki terlalu sering bersentuhan langsung dengan pedal maka kaki akan menjadi cepat panas karena adanya panas dari pedal yang mengalir ke bagian telapak kaki.
Itulah beberapa dampak secara langsung jika tidak menggunakan alas kaki saat mengemudi, sebaiknya hentikan mulai sekarang karena hal ini adalah kebiasaan buruk yang bisa membahayakan. Terutama bagi orang-orang yang baru mengendarai mobil bekas ataupun baru tentunya harus lebih fokus. Bagi yang ingin mengganti mobil lama dengan mobil bekas yang baru maka bisa memanfaatkan layanan tukar tambah yang ditawarkan platform mobbi. Dengan adanya layanan ini tentu akan memudahkan setiap orang untuk ganti mobil bekas yang lebih baru dengan fitur canggih. Sedangkan untuk harga mobil bekas Surabaya di mobbi tentunya masih relatif terjangkau untuk semua orang.

Artikel Terkait

Leave a Comment